HALAMAN

Tentang Teknologi Informasi


Bertujuan untuk memenuhi kebutuhan akan SDM yang profesional dibidang teknologi informasi, diharapkan Universitas AMIKOM Yogyakarta mampu untuk menjembatani antara kepentingan industri dan masyarakat profesi dengan kepentingan akademik, maka disusunlah kurikulum berbasis kompetensi, di mana selain muatan-muatan inti, diberikan pula muatan-muatan lokal yang mendukung basis pengetahuan terapan dan perekayasaan perangkat lunak.

Program studi Teknologi Informasi, memiliki konsentrasi utama pada Animasi dan pengembangan Game. Pada program studi ini mahasiswa yang punya passion dan bakat pada pengembangan Animasi dan Game dapat mempelajari metode dan teknologi baru dalam mewujudkan impian mereka di bidang Animasi dan Game. Program studi Teknologi Informasi juga membekali mahasiswa dengan wawasan dan kemampuan Entrepreneurship, sebagai ciri khas dari Universitas AMIKOM Yogyakarta.

Kompetensi lulusan Program Studi Teknologi Informasi memiliki keahlian (konsentrasi) utama pada Animasi dan Pengembangan Game.

Konsentrasi Animasi: Pada konsentrasi ini mahasiswa akan belajar teknik terkini dalam film animasi (2D dan 3D), motion graphics, special effects dan interactive media. Mahasiswa juga akan belajar menggunakan sotware industri film animasi mutakhir (MAYA, TOONBOOM, Adobe Illustrator, After Effect, dll). Mahasiswa juga difasilitasi dengan Lab canggih untuk produksi animasi baik dalam platform Windows maupun Mac. Real World Lab: mahasiswa akan langsung belajar teknik dan tool yang digunakan oleh perusahaan film kelas dunia (MSV Picture yang telah menghasilkan Film Battle Of Surabaya), dan mendapatkan bimbingan langsung dari TIM developer Animasi Battle of Surabaya. Wawasan International: sharing pengalaman dan wawasan dengan praktisi film animasi dunia dari Disney, dan sekolah animasi lainnya dari Amerika, Belgia dan Malaysia.

Konsentrasi Game: Program Studi Teknologi Informasi juga memberikan pilihan konsentrasi Game Development. Pada konsentrasi ini mahasiswa akan belajar semua hal tentang pengembangan Game. Mahasiswa akan belajar bagaimana mendesain, mengembangkan dan mewujudkan ide, sesuai dengan ekspresi dan kreatifitas dari mahasiswa melalui penciptaan konsep, digital drawing, environment modelling dan penerapan game engine. Mahasiswa akan mempelajari software software industrI game seperti Maya dan Unity, dan bekerja bersama-sama dalam tim yang solid dalam menciptakan game yang menantang dan interaktif.

Selain keahlian di bidang Animasi dan Pengembangan Game. Entrepreneur Insight: Mahasiswa akan dibekali dengan wawasan kewirausahaan baik dalam mata kuliah khusus maupun di dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajarnya, mempersiapkan mahasiswa teknologi Informasi siap menjadi entrepeneur handal di bidang Teknologi Informasi.

  1. Bidang Karir di Bidang Animasi:
    • Producer
    • Director
    • Animation Director
    • Art Director
    • 3D Animator
    • 2D Animator
    • Key Animator
    • Creature Animation
    • Visual Effects Animator
    • Inbetweener
    • Modeller
    • Character Rigger
    • Character Animator
    • Concept Artist
    • Compositing Artist
    • Render Artist
    • Storyboard Artist
    • Texture Artist
    • Color Artist
    • Visual Development Artist
    • Digital Sculpture
    • Audio Composer
    • Digital Lighting Technician
    • Graphic Designer
    • Background Painter
    • Independent Filmmaker
    • Digital Painter
    • Entrepreneur in Animation Industry
  1. Bidang Karir di bidang Game development:
    • Game Designer
    • Game Producer
    • Game Content Provider
    • Game Artist / Technical Artist
    • Game Engineer / Developer
    • Game Director
    • Game Publisher
    • Game Consultant
    • Game Tester
    • Level Designer
    • Concept Artist
    • Texture Artist
    • Environment Artist
    • Technical Director
    • Interface Artist
    • Story Writer
    • Entrepeneur in Game Industry
  1. Memiliki kompetensi yang mampu bersaing secara global.
  2. Memiliki kemampuan memimpin (Leadership).
  3. Memiliki jiwa enterpreneur.
  4. Profesional dalam disiplin ilmu teknologi informasi dan komunikasi terutama bidang Animasi dan Pengembangan Game. Untuk Bidang Animasi terbagi 4 bidang keahlian (konsentrasi) yaitu 3D Modeller, 3D Animator, 2D Animator, dan 2D Concept Art.
  5. Memiliki kemampuan kerjasama secara profesional dalam team.